Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mifi, Menjadikan semua Tempat Sebagai Wifi Area

Pernah mendengar benda bernama Mifi? Ah nggak salah tulis tuh? Wi-fi kali?

Mifi kepanjangannya adalah Mobile Wi-fi.

Mifi
Secara sederhana Mifi adalah perangkat yang bisa memancarkan wifi hotspot dan dapat dibawa-bawa (mobile). Teknologi ini bisa dikatakan bukan baru lagi di tahun ini. Karena laptop dan smartphone pun kini memiliki fitur yang sama, yaitu bisa memancarkan wifi hotspot. Namun, bagi yang punya beberapa perangkat elektronik yang membutuhkan koneksi internet, Mifi ini sangatlah membantu.
Mifi memancarkan wifi hotspot ke beberapa perangkat



Mifi, Berasa Punya Wi-Fi Corner-nya telkom nih...

Sudah beberapa hari saya mencoba menggunakan perangkat Mifi (termasuk terlambat nih, baru nyoba sekarang, hehe...). Bagi saya yang menggunakan laptop dan smartphone yang senantiasa membutuhkan koneksi internet, ini sangat membantu. Tadinya saya memanfaatkan fitur tethering pada smartphone untuk memperoleh koneksi internet bagi laptop. Alhasil, batre smartphone saya jadi lebih cepat habis. Belum lagi ketika saya di rumah. Untuk memperoleh sinyal 4G saya harus meletakkan smartphone di jendela, nyari sinyal. Jadi, selama itu, otomatis tidak bisa memantau pesan-pesan yang masuk di smartphoe saya. Ya untuk aplikasi WhatsApp okelah, ada WhatsApp Web, bisa terpantau. Sedangkan untuk BBM dan SMS/telpon, “nanti ya, smartphone sedang on duty nih, hahaha...”
Pas Mifi nyala, rasanya dimana-mana itu hospot area, berasa punya Wi-Fi corner sendiri. Oh iya Mifi yang saya gunakan adalah Mifi TP-Link M7350.

Cara Mengoperasikan Mifi

Mifi, sebagai perangkat portable, bisa dioperasikan langsung tanpa perlu dihubungkan ke perangkat lain. Namun, untuk penggunaan pertama kali, saya baru mencoba 2 produk Mifi, dan dua-duanya berbeda caranya.

  1. ada produk Mifi yang bisa di-setting dan dihidupkan layanannya dari perangkat itu sendiri. Untuk produk yang ini, biasanya memiliki monitor dan tombol navigasi.
  2. ada yang harus dihubungkan ke laptop/komputer untuk mengatur setting-nya untuk pertama kali. Dan produk yang saya coba ini sudah bundling dengan salah satu provider kartu seluler.
Sedangkan untuk mengoperasikan Mifi yang sudah disetting, caranya sangat mudah. Begini:

  1. Hidupkan Perangkat Mifi
  2. Aktifkan fitur wifi di smartphone/laptopmu
  3. Scan Available Network
  4. Pilih Mifi (biasanya nama networ-nya sesuai nama produk Mifi-nya)
  5. Sambungkan/connect lalu isi password. Done.

Selain mengatur setting lewat laptop/komputer, Mifi biasanya memiliki aplikasi android, tinggal instal aplikasi tersebut di smartphone. Lalu kita bisa mengatur setting Mifi dari smartphone.

Kelebihan Menggunakan Mifi


  1. Hemat Uang. Jika punya smartphone lebih dari satu, tak perlu membeli paket internet untuk semua kartu, cukup kartu yang ada di Mifi saja.
  2. Hemat Batre. Semua perangkat bisa mendapat koneksi internet tanpa perlu membebani smartphone dengan menyalakan fitur tethering-nya.
  3. Portable. Seperti namanya, Mifi (Mobile Wifi), perangkat ini memiliki batre sendiri, bisa dibawa pergi-pergi.
  4. Sinyal Internet Lebih Baik. Di tempat yang jarang sinya, Mifi bisa ditaruh di tempat yang bisa menangkap sinyal paling kuat (jendela, ventilasi, dll.)


Kekurangan Menggunakan Mifi


  1. Sebagian Produk harus diaktifkan via Laptop/komputer. Beberapa produk Mifi, yang bundling dengan providernya, biasanya harus dihubungkan ke laptop/komputer untuk mengaktifkan untuk pertama kali.
  2. Tidak semua produk Mifi bisa 4G untuk semua provider. Ada produk Mifi yang sinyal 4G-nya terkunci, dan hanya kartu tertentu saja yang bisa 4G.
  3. Butuh Banyak Charger. Karena perangkat berbatre, bertambah satu lagi yang kudu di-charge selain batre laptop dan smartphone. Itu artinya, charger yang dibutuhkan bertambah. Kecuali mau antri. Hehe...
Tertarik? Bingung pilih yang mana? Pilihlah sesuai kebutuhan dan budget.
Sekian, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mifi, Menjadikan semua Tempat Sebagai Wifi Area"